Pengaruh Media Sosial Pada Kehidupan Anak-Anak

Di era yang semakin canggih sekarang ini, ilmu pengetahuan dan telekomunikaisi bisa di akses melalui teknologi dengan mudah oleh siapapun. Begitupun berbagai macam media sosial seperi fecabook, blog, youtube, watsapp dan berbagai macam media lainnya. Media-media tersebut tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari warga termasuk anak-anak. Namun, keberdaaan media sosial sering kali kurang bermanafaat bagi anak-anak. Oleh karena itu Sanggar Merah Merdeka pada bulan Maret lalu mengadakan pendidikan pentingnya penggunaan media online secara baik.

Dominikus sebagai narasumber menjelaskan pada anak-anak bahwa media sosial dapat menimbulkan berbagai macam masalah negatif seperti kecanduan, menggangu kesehatan, aktivitas belajar dan interaksi degan teman-temannya. Padahal menurut dia media online bisa di manfaatkan untuk belajar. Banyak materi-materi sekolah yang di sediakan baik melalui youtube maupun blog. Ruangguru.com misalnya menyediakan berbagai video belajar, les privat, bimbingan belajar, try out ujian online dan memilih guru sesuai kebutuhan siswa.

Pada saat sesi tanya jawab, anak-anak sehari mengakes media online baik untuk main game maupun buka facebook rata-rata sehari tiga jam di luar jam sekolah. Sedangkan belajarnya hanya satu jam.

“Menurut SRIYANI,S.Pd guru di SMP NEGERI 3 PURWODADI seperti di kutip dari jatengpos.co.id, media sosial berdampak mulai menurunnya motivasi dan prestasi belajar siswa. Pada saat kegiatan belajar, anak-anak susah konsentrasi. Mereka cenderung ingin segera membalas tulisan yang di tulis baik di facebook maupun instagram,” katanya.

Agar anak-anak kita menggunakan media dengan baik, ada langkah-langkah yang bisa diambil oleh orang tua maupun pendidik. Pertama, memberikan pemahaman tentang manfaat dan bahaya media sosial. Kedua, Awasi anak-anak kita dalam penggunakan media sosial. Terakhir, jangan beri anak-anak telepun seluler yang dapat langsung mengakses internet.

 

Sukowi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.